Piston

Tri Arga Kencana selalu menggunakan suku cadang asli dan menjadi standar kerja. Tri Arga Kencana juga mempunyai stok dan sumber suku cadang OEM yang merupakan produk berkualitas tinggi dengan harga yang kompetitif.

Piston adalah komponen bergerak dalam mesin genset yang berperan penting dalam siklus pembakaran. Beberapa fungsi utama piston melibatkan:

  1. Kompresi Udara dan Bahan Bakar: Piston bergerak naik dan turun dalam silinder, menciptakan ruang yang diperlukan untuk kompresi campuran udara dan bahan bakar.
  2. Transfer Daya ke Kruk-As: Gerakan naik-turun piston diubah menjadi gerakan rotasi oleh kruk-as, yang selanjutnya memutar generator untuk menghasilkan daya listrik.
  3. Pengeluaran Gas Buang: Piston membantu mendorong gas buang keluar dari silinder selama fase pembuangan.

Komponen Utama Piston dan Spare Parts yang Terkait

  1. Ring Piston: Ring piston adalah cincin logam yang dipasang di sekitar bagian luar piston. Mereka membantu mencegah kebocoran gas dan minyak ke ruang pembakaran.
  2. Pin Piston: Pin piston adalah poros yang menghubungkan piston dengan batang piston dan memungkinkan piston bergerak naik dan turun.
  3. Batang Piston: Batang piston menghubungkan piston dengan kruk-as, mengubah gerakan naik-turun piston menjadi gerakan rotasi.

Pentingnya Perawatan Piston pada Genset

  1. Pemeriksaan Berkala: Lakukan pemeriksaan rutin terhadap kondisi fisik piston, seperti tanda keausan, korosi, atau kerusakan lainnya.
  2. Pergantian Ring Piston: Ganti ring piston sesuai dengan jadwal perawatan yang direkomendasikan untuk mencegah kebocoran dan memastikan kompresi yang optimal.
  3. Pelumasan yang Tepat: Pastikan piston dan komponen terkait terlumasi dengan baik untuk menghindari gesekan berlebihan dan panas yang dapat merusak.
  4. Penggantian pada Tanda-tanda Keausan: Ganti piston atau komponen yang aus atau rusak sesegera mungkin untuk mencegah kerusakan lebih lanjut pada mesin.

Tanda-tanda Masalah pada Piston

  1. Penurunan Daya: Jika mesin mengalami penurunan tajam dalam daya, piston yang aus atau rusak mungkin menjadi penyebabnya.
  2. Emisi Asap yang Berlebihan: Peningkatan emisi asap dapat menunjukkan masalah pada piston atau ring piston.
  3. Suara Berisik: Suara berisik atau ketukan dari dalam mesin bisa menjadi tanda bahwa piston mengalami masalah.

Piston adalah salah satu komponen kunci dalam mesin genset yang memainkan peran penting dalam siklus pembakaran. Dengan memberikan perhatian khusus pada perawatan piston dan komponennya, pemilik genset dapat memastikan kinerja optimal, memperpanjang umur mesin, dan menjaga ketersediaan daya listrik cadangan yang handal. Investasi dalam pemeliharaan yang tepat pada piston merupakan langkah yang bijaksana untuk menghindari gangguan tak terduga dan meningkatkan keandalan operasional genset.

.Hubungi Pemasaran kami untuk info detail dan penawaran menarik
WA: 0811-2997-997 Email : inquiries@triargakencana.com

#cvtriargakencana
#gensetindonesia
#gensetsemarang
#volvopenta
#deutz
#gensetsilent
#gensetbensin
#gensetgasoline

#enginemounting

Spare Parts